Mengamati komponen biotik dan abiotik pada ekosistem pohon

3 05 2012

Materi : Ekosistem
Tujuan : mengenal peran komponen biotik dan abiotik pada suatu ekosistem
Yang diperlukan :
– Pohon di lingkungan sekolah, semakin rindang dan besar semakin bagus
– Sekop kecil (atau benda lain yang dapat berfungsi untuk sedikit menggali tanah)
– Tabel pengamatan
Kegiatan :
1. Siswa diberi penjelasan tentang pengertian ekosistem (atau dengan membaca buku/teks).
2. Siswa dibagi ke dalam kelompok@4 orang. Setiap kelompok bertugas mengamati 1 buah pohon beserta makhluk hidup dan tak hidup yang berada di sekitar pohon.
3. Hasil pengamatan dilaporkan
berupa tabel pengamatan.

Tabel pengamatan
Berisi kolom2 sbb :
– nama komponen (misal : tanah)
– biotik/abiotik? –tentukan, atau dicentang– (misal : tanah=abiotik)
– Peran komponen tsb bagi ekosistem (misal : tanah sebagai pensuplai zat-zat hara bagi pohon, juga sbg tempat hidup cacing tanah)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: